Pelatihan Susun Silabus dan RPP Guru

Pada hari Senin tanggal 24 Januari 2022 para guru yang mengajar di SMK Terpadu Al Hasan mengadakan pelatihan susun silabus dan RPP Guru. Pelatihan ini dilaksanakan untuk mempermudah para guru dalam

pokok-pokok isi atau materi pembelajaran kepada siswa/i. Pemateri dari pelatihan susun silabus dan RPP yaitu Pengawas SMK Terpadu Al Hasan oleh Drs. Haris Harsin, M.Pd.

Baca juga : PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Fungsi/manfaat silabus :
1. Pedoman/acuan penyusunan RPP;
2. Acuan pengelolaan media dan sumber belajar;
3. Acuan pengembangan sistem penilaian;
4. Gambar umum program dan target yang akan dicapai mata pelajaran;
5. Dokumentasi tertulis sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.
Komponen Silabus :
1. Identitas Silabus
2. Kompetensi Inti
3. Kompetensi Dasar
4. Indikator Pencapaian Kompetensi
5. Materi Pokok
6. Kegiatan Pembelajaran
7. Penilaian
8. Alokasi Waktu

Langkah Penyusunan Silabus
Format Penyusunan Silabus untuk Mata Pelajaran selain PAI dan PPKn
Format Penyusunan Silabus untuk Mata Pelajaran PAI dan PPKn

Keterangan Pengisian Format Silabus :
Nama Sekolah : diisi nama SMK yang bersangkutan
BK : diisi nama BK sesuai Spektrum Keahlian PMK Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/M/2016.
KK : diisi nama KK sesuai Spektrum Keahlian PMK Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Mata Pelajaran : diisi nama Mapel sesuai Struktur Kurikulum Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017.
Durasi/Waktu : diisi jumlah waktu mata pelajaran secara keseluruhan. KI-1, KI-2, KI-3, KI-4 : diisi rumusan KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 sesuai Mapel yang bersangkutan.
Kolom 1 : diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang dipindahkan dari format KI dan KD Mapel yang bersangkutan.
Kolom 2 : diisi dengan rumusan IPK yang merupakan rincian standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Kolom 3 : diisi dengan Materi Pokok yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Khusus untuk materi Mapel peminatan kejuruan (C2 dan C3) dapat mempertimbangkan KUK dan batasan variabel/lingkup variabel/range of variabel SKK yang diacu.
Kolom 4 : diisi dengan Alokasi Waktu yang disediakan untuk mempelajari pasang KD.
Kolom 5 : diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran berpendekatan saintifik sesuai karakteristik KD serta nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan.
Kolom 6 : diisi dengan Aspek, Pendekatan, dan Teknik Penilaian yang disarankan.

Contoh Silabus

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Para guru memperhatikan cara menyusun silabus dan RPP yang dijelaskan ol
Ketentuan Penyusuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran :
1. Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai;
2. RPP dibuat oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu;
3. Penyusunan RPP difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah;
4. RPP dapat juga dibuat oleh MGMP antarsekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan;
5. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru;
6. RPP disusun berdasarkan pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan atau subtema yang dilaksanakan untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran :
A. Identitas program pendidikan;
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar;
C. Indikator pencapaian kompetensi yang merupakan tolok ukur ketercapaian suatu KD, dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, yang mencakup sikap dan nilai-nilai karakter, pengetahuan, dan keterampilan;
D. Tujuan pembelajaran, rumusan perilaku yang harus dicapai peserta didik setelah mempelajari sepasang KD, meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap dan nilai-nilai karakter dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur;
E. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prosedur dan metakognitif yang relevan dengan tuntutan KD, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi, dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter sesuai dengan hasil analisis materi;
F. Strategi pembelajaran meliputi pendekatan, strategi dan metode pembelajaran. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai termasuk sikap, etika kerja, dan nilai-nilai karakter, literasi dan kecakapan abad 21 yang akan dibangun;
G. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup; dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter sesuai dengan hasil perancah pemaduan sintaks model pembelajaran dan pendekatan saintifik;
H. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
I. Sumber belajar meliputi buku, lembaran informasi, job sheet/ lembaran tugas, lembar penilaian, internet dan lain-lain; dan
J. Penilaian hasil belajar, merupakan keputusan pencapaian hasil belajar yang didasarkan atas pengumpulan data, menggunakan instrumen pengukuran baik sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Langkah-langkah penyusunan RPP :
a. Analisis minggu efektif dalam 1 tahun;
b. Penyusunan program semester;
c. Analisis SKL, KI, dan KD;*
d. Analisis IPK, tujuan dan materi pembelajaran;*
e. Analisis model pembelajaran dan membuat perancah model pembelajaran;*
f. Analisis penilaian;*
g. Mengembangkan RPP
h. Menganalisis Program Semester
* Analisis ini dilaksanakan berdasarkan alur pencapaian kompetensi, untuk menentukan urutan pembelajaran pasangan KD per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus.
* Analisis program semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu di setiap pasangan KD.

Contoh Analisis Minggu Efektif Semester Ganjil dan Genap Tahun Pelajaram 2017/2018 :
Contoh Program Semester Mata Pelajaran


Author

admin

SMK Terpadu Al Hasan berdiri Juli tahun 2017, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hasan. SMK Terpadu Al Hasan merupakan sekolah berbasis Boardhing School dimana menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.

Comments are closed.
× Ada yang bisa kami bantu?