Lomba Pionering Kwarran Ciamis

Ambalan Ambdurrahman Wahid dan Rasuna Said SMK Terpadu Al Hasan tanggal 21 Agustus 2021 mengikuti Lomba Pionering Kwarran Ciamis yang dilaksanakan di SMK LPT Ciamis. SMK Terpadu Al Hasan mengirimkan 10 orang siswa/i untuk mengikuti Lomba tersebut. Adapun Ambalan yang mengikuti lomba pionering Kwarran Ciamis dari SMK Terpadu Al Hasan adalah Ambalan Abdurrahman Wahid dan Rasuna Said. Jenis yang dilombakan dalam Lomba Pionering adalah tali temali. Pionering adalah proses kegiatan membuat bangunan yang terdiri tali temali dan tongkat untuk digunakan sesuai dengan objeknya, misalnya pembuatan menara, gapura, gardu, jembatan, perlengkapan perkemahan, tandu dan lainnya.

Baca juga : Film “A L K A N A” || Short Film Produced By Al Hasan Picture

Pionering (Pioneering dalam bahasa Inggris) adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, Seperti bangunan kreatif, Tandu, Menara pandang Kaki tiga, menara segitiga terbalik, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya,Dalam tali temali kita sering mencampuradukkan antara tali, simpul dan ikatan. Hal ini sebenarnya berbeda sama sekali. Tali adalah bendanya. Simpul adalah hubungan antara tali dengan tali. Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya. (Wikipedia)

Pionering atau proses tali temali dikembangkan oleh dunia untuk pertolongan korban bencana atau kegiatan outdoor contohnya penyelematan di tebing atau digedung atau penyelematan di air. Adapun penilaian dalam pionering adalah kerapihan tali, kebenaran tali, kekuatan tali dan kecepatan dalam bikin simpul tali.
Jenis-jenis tali temali yaitu :

Gambar Tali Temali

  1. Pertama simpul anyam adalah simpul untuk menyambung tali besar dan tali kecil.
  2. Kedua Simpul anyam berganda adalah simpul yang mempunyai kemiripan dengan simpul anyam namun kegunaan simpul ini berguna untuk menyambung dua buah utas tali kering yang ukurannya tidak sama besar.
  3. Ketiga Simpul pangkal digunakan sebagai awal dari sebuah ikatan tali biasanya untuk membuat tandu, mengikat patok,
  4. Keempat Simpul mati adalah simpul yang biasanya digunakan untuk mengakhiri suatu simpul.
  5. Ikatan silang adalah ikatan yang berguna untuk menautkan dua buah tongkat tersebut tidak tegak lurus atau 90 derajat.
  6. Enam Simpul penarik adalah simpul yang digunakan untuk menarik benda yang cukup besar.
  7. Ketujuh Simpul tiang berganda adalah simpul yang berguna mengangkat orang dari bawah ke atas atau sebaliknya menurunkan orang dari atas ke bawah.
  8. Delapan Simpul tarik biasanya digunakan untuk menambatkan tali pengikat binatang pada kemudian mudah untuk membukanya kembali.
  9. Sembilan Simpul tiang adalah simpul yang memiliki sifat yang tetap dan tidak akan kendur walau kendur walau ditarik, oleh karena itu simpul tiang sering digunakan untuk mengikat leher hewan sehingga dapat bergerak leluasa dan tidak tercekik.
Author

admin

SMK Terpadu Al Hasan berdiri Juli tahun 2017, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hasan. SMK Terpadu Al Hasan merupakan sekolah berbasis Boardhing School dimana menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.

Comments are closed.
× Ada yang bisa kami bantu?