Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS TA. 2019/2020

Pada hari ini Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu Al Hasan Ciamis telah melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) ini bertujuan untuk mengganti kepengurusan OSIS lama ke kepengurusan OSIS baru. Kepengurusan OSIS masa bhakti 2017/2019 diganti dengan kepengurusan OSIS masa bhakti 2019/2020. Kegiatan LDKS SMK Terpadu Al Hasan Ciamis dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 12-13 Oktober 2019. Kegiatan LDKS ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI yang berjumlah 29 orang. Kegiatan hari pertama bertempat di ruang kelas SMK Terpadu Al Hasan Ciamis yang diisi dengan pemberian materi-materi dan permainan-permainan. Dan pada hari kedua yaitu melaksanakan kegiatan outbond yang dilaksanakan di tempat wisata Darmacaang Cikoneng Ciamis.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan siswa. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh pengurus OSIS lama ke pengurus OSIS baru baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun tingkat sekolah menengah lainnya. Pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh ketua, anggota OSIS pada sekolah yang bersangkutan.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik dan Latihan Dasar Kepemimpinan Mental. Pemberian materi dari kedua jenis Latihan Dasar Kepemimpinan ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen. Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari penuh, sedangkan Latihan Dasar Kepemimpinan Mental biasanya diberikan di luar kota dalam waktu 2-4 hari.

Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik biasanya meliputi : Pelatihan Baris Berbaris (PBB) sedangkan Latihan Dasar Kepemimpinan Mental meliputi :

  1. Kegiatan outbond seperti : hiking, menyebrangi sungai, mendaki bukit, menyusuri pematang sawah
  2. Permainan-permainan memiliki nilai-nilai kepemimpinan seperti : memasukan pensil pada botol yang diikat pada tubuh
  3. Pemberian materi kepemimpinan seperti : materi kepemimpinan, materi problem solving, dinamika kelompok dll.
Author

admin

SMK Terpadu Al Hasan berdiri Juli tahun 2017, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hasan. SMK Terpadu Al Hasan merupakan sekolah berbasis Boardhing School dimana menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Ada yang bisa kami bantu?