Uji Kompetensi Keahlian SMK Terpadu Al Hasan Tahun Pelajaran 2020/2021

Pada tanggal 7 April 2021 SMK Terpadu Al Hasan Ciamis melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Desain Grafis Tahun Pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian dilaksanakan di SMKS Al Huda Turalak dengan penguji dari Percetakan Salsana Grafika, Ketua Program SMKS Al Huda Turalak. Kegiatan UKK ini merupakan kegiatan siswa/i tingkat akhir secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Siswa/i SMK Terpadu Al Hasan Ciamis yang melaksanakan Uji Kompetensi sebanyak 16 orang dan semuanya dari jurusan Multimedia.

Uji Kompetensi Keahlian atau UKK adalah penilaian terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha / industri dengan memperhatikan paspor keterampilan atau portofolio. Biasanya pelaksanaan UKK diuji oleh asesor/penguji, asesor atau penguji adalah seseorang yang memiliki kewengangan dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan atau dan menilai hasil capaian kompetensi peserta uji. UKK menguji aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam satu event penilaian dan biasanya dikelola oleh satuan pendidikan terakreditasi.

Tujuan dilaksanakannya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah :
1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah meyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh;
2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan/sertifikat uji kompetensi;
3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan DUDIKA.

Siswa/i peserta Uji Kompetensi Keahlian (UKK) akan diberi nilai oleh asesor/penguji pada rentang 0 – 100 dan dinyatakan lulus apabila nilai UKK mencapai minimal 70. Kriteria pencapaian kompetensi hasil dari UKK dapat diuraikan sebagai berikut :
Rentang skor <70 = Belum Kompeten
70-90 = Cukup Kompeten
80-90 = Kompeten
91-100 = Sangat Kompeten
Siswa/i SMK yang dinyatakan lulus akan diberi Sertifikat Kompetensi yang diterbitkan oleh DUDIKA yang terlibat dalam UKK ditandatangani oleh Asesor/penguji eksternal atau perwakilan dari DUDIKA.

Berikut Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2020/2021 download


Author

admin

SMK Terpadu Al Hasan berdiri Juli tahun 2017, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hasan. SMK Terpadu Al Hasan merupakan sekolah berbasis Boardhing School dimana menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.

Comments are closed.
× Ada yang bisa kami bantu?